Langsung ke konten utama

Wisuda MakeUp Sendiri, Why Not?

Deg-degan.
Sumpeh.
    Detak jantung yang qasidahan adalah hal yang paling meresahkan selama perjalanan lebih kurang 20 menitan dari rumah ke tempat wisuda. Sepanjang perjalanan kerjaan ku bulak-balik liatin kaca dan cekrak-cekrek kamera buat mastiin makeup yang uda dicoret-coretin ke muke kaga malu-maluin amat.
    Yap! I do my own makeup for my graduation. Itulah kenapa perasaan deg-degan nya jadi berkali lipat. Tapi yang namanya cewek, makin diliatin makeupnya, makin adaaaa aja kurangnya. Segala yang dimuka jadi salah. Padahal nih pas di rumah mikirnya udah yang kaya‘Wah gila sih, jago amad kamu dandannya. Daebak!!!~~’
    Tapi, realitanya begitu nyampe tempat wisuda malah menciut kaya sosis siap digoreng. Menciut. Gimana ngga, kalau ngeliat makeup wisudawati(?) yang lain apalagi yang aku kenal pada cantik-cantik. Banget. Bulu mata aduhai, alis on point, blush on cucok meong dan hasilnya emang pada se-flawless itu.
  Apalagi sekarang tren makeup tuh bukan yang dempul sana-sini sampe ngga kenal muka sendiri. Model hijabnya juga dibikin simple ngga pake ribet. Ingat banget jaman wisuda SMA, didandani ke salon dan hasilnya kaya abang-abang pake mekap. Lelah akutu. 
   Alasan utama kenapa pengen makeup sendiri selain karena takut terjadi kembali dandanan jahiliyah sewaktu wisuda SMA juga dikarenakan faktor harga. Make Up Artist di kota ku mayan mehong. Ya namanya juga udah MUA ya. Sekali makeup range harganya sekitaran 250-600an. Waw. Sobat misqueen sepertiku hanya bisa terheran-heran.
Hasil gambar untuk meme lagu kosidahan
     Nah, karena ketidaksiapan mental (dan emang misqin) menghabiskan dana hampir setengah juta untuk makeup sehari , jadilah mulai nyicil-nyicil beli alat makeup sendiri. (yang ternyata dananya LEBIH GILEEE dari makeup sehari di MUA, tapi kan bisa dipake berulang-ulang. Yakan. Yakan). Awalnya masih ragu buat ngebeli segala macam peralatan perang ini. Takut udah kebeli malah ngga bisa makenya. Modal nekat, modal nontonin beauty vlogger , finally terkumpulah seperangkat alat makeup ini. Hore!
Alat udah ready. Trial and Error udah dijalani kurang lebih sebulanan. Sekarang aku mau sharing aja mengenai alat-alat perang ini dan gimana mereka bekerja di muka ku. Hal ini tentunya berdasarkan pengalaman dan kesotoyan pas wisuda kemarin loh ya! Yes, i know postingan ini emang cupu. Apalagi informasi beauty-beauty-an begini udah bisa diakses dengan mudah. Tapi, demi biar-ada-postingan-setahun-sekali yang udah kaya lebaran haji ini gapapa lah ya. Hehe. Semoga berfaedah. Cmiw!

1. PRIMER
Maybelline Baby Skin
Harga : Rp 80.000 - Isi : 22ml
"Primer ini diklaim mampu menyamarkan pori-pori secara instan, tanpa membuatnya tersumbat. Tak hanya itu, tampilan wajah juga akan menjadi lembut dan halus." Katanya...
     Nyatanya..Yap! Primer ini emang bekerja sesuai klaimnya. Mantap! Tekstur wajah ku yang sudah tentu tidak mulus jadi lumayan kebantu. Pori-pori disekitar hidungpun lumayan tersamarkan. Tersamarkan. Bukan ngilang. Tapi, untuk jerawat yang masih berwujud ya tetap ngga ngefek. Masih jendol-jendol di muka. Oia, primer ini bisa bikin matte muka sehingga lumayan ngebantu membuat muka ku ngga terlalu minyakan.
     Selain Primer Maybeline Baby Skin, para beauty guru di vlog/blog, banyak juga yang ngerekomendasi Monistat. Tapi, kayanya ini lumayan susah dicari offlinenya. 

2. FOUNDATION 

Revlon Colorstay Normal/Dry
Harga : Rp 145.000
   Dari sekian banyak rekomendasi foundation di Youtube mulai dari Wardah, Maybelline, L'oreal, Revlon dan lainnya, sebenernya aku tertarik dengan foundi nya L'oreal Infallible Pro Matte shade 104 atau 105. Melihat reviewnya yang bagus dimana-mana. Sayang oh sayang, stok L'oreal dengan shade yang aku mau kosong melompong dimana-mana, offline dan online. 
     Akhirnya, pilihan pun berlanjut pada opsi kedua yaitu si Revlon Colorstay Shade 240. Foundi ini juga masuk dalam Top 10 Drugstore Foundation, yang artinya foundi ini bagus dan banyak yang suka. Karena ini juga kali pertama ngerasain memakai foundation sendiri dan ngga ada perbandingan dengan produk yang lain, kayanya ini bagus-bagus aja sih di aku. Lumayan nutup noda bekas jerawat tapi dia juga lumayan menggelap (oksidasi) setelah dipakai cukup lama. Canggih juga nih foundi, ada efek bling-blingnya gitu.

Update!!!
Setelah make foundi ini beberapa kali, ternyata dia ngga cocok di mukaku. Bikin breakout jerawatan. Huhu :( 

3. CONCEALER
Maybeline Fit Me No. 20
Harga: Rp 109.000
Sesuai claimnya, concealer ini berfungsi untuk menutupi noda di wajah bukan di hati , ngecover kantung mata dan sekaligus bisa digunakan untuk ngehighlight. Sebenarnya, ngga gitu paham fungsinya pas dipake wisuda kemaren, hasilnya ngerasa sama aja kaya pake foundation gitu doang. Tapi pas dipake jadi base untuk di kelopak mata, hasilnya oke sih. Di pake ke kelopak mata ,warna eyeshadownya jadi lebih keluar dan lebih 'duduk'.

Update!!!
Buat kalyan yg mau belajar gunain concealer yang baik dan benar bisa pincit ini biar langsung liat tutorial makeup pemula by Tasya Farasya. It's help me so muchh 
'.
4. CONTOUR

Makeover Contour Kit
Harga: Rp 165.000
Menurut beauty journal sociolla fungsi Contour untuk menciptakan bayangan untuk mendefinisikan fitur wajah. Mudahnya sih kita anggap saja bikin tirus. Pipi lebih tirus, hidung lebih mancung, dahi yang lebar pun terlihat lebih kecil. Teknik contouring ini biasa digunakan untuk membuat ilusi agar area wajah tertentu sedikit tersembunyi dengan permainan warna. 


5. EYE SHADOW
Make Over Nudes Eyeshadow Palette
Harga: Rp 195.000
Ini juga ngga beli. Lebih tepatnya dibeliin. Iya.. harganya semahal itu. :')
Eyeshadow ini adalah peralatan makeup pertama yang dibeli sebagai ancang-ancang #DitakjadiMUA2018. xD Agak nyesal sih ngebeli eyeshadow ini, karena setelah liat-liat review dan rekomendasi eyeshadow yang worth to buy, ini bukan pilihan yang tepat. Dan setelah dicoba, emang ngga begitu waw. Menurutku, masih banyak eyeshadow untuk pemula yang lebih murah, bagus dan pigmented. :( Buat kalian yang pengen nyoba beli eyeshadow, coba deh merek Foccalure. Murce cucok meong. 

6. EYEBROW, EYELINER, EYE-EYEAN
Kiri-Kanan
Viva Pensil Alis 30k ; Wardah White Eyeliner Pencil 60k; Emina Eye Do 30k;Wardah Eye Expert Optimum Pen
Pinsil-pinsilan.
Setelah membeli mereka, aku baru tau ternyata menggunakannya tak semudah yang terlihat di video-video itu. Benar tak semudah itu, Fernando.
SKIP.

7. MASCARA
Mascara Maybelline The Falsies Push Up Angel
Harga : Rp 139.000
Di female daily, Push Up Angel ini di rate 4.5 dari 5 bintang.
Buat yang nyari urusan perbulu mataan yang gamau keliatan heboh, mau yang natural tapi wow, nah inilah jawabannya. Mudah diaplikasiinnya dan ga bikin gumpal-gumpal gituu. Tapi kalo nyari yang bikin bulu mata bervolume sih kurang cocok menurutku. 

8. BLUSH ON
Blush On Wardah Shade: B
Harga : Rp 45.000
9. LIPSTIK
10. BEDAK

11. BRUSH & SPONGE
Makeup Blender by Miniso yang belum dicuci. Hehehe

Harga: Rp 15.000 

           
                      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakit tak pernah semenyedihkan ini

Jika A adalah sebuah permulaan dan Z kita katakan sebagai akhirnya, siapa yang bersedia menemani dan mengisi kekosongan ruang diantaranya? Yang bersedia menemani dari awal sampai akhir dengan keikhlasan dan tanpa rasa egois? Jawabannya, tak satapun. Bukan orangtuamu, bukan saudara mu, bukan sahabatmu, bukan kekasihmu. Karena takdir setiap manusia untuk manusia lainnya adalah takdir untuk saling silih berganti, datang, menetap kemudian pergi. Siapa yang hendak disalahkan? Jika aku berakhir bukan sebagai pilihan. Aku percaya, setiap manusia punya pilihan yang harus menguntungkan hidupnya. Sebutlah ia keegoisan. Siapa yang mau susah jika ada pilihan mudah? Ini adalah catatan perjalanan hidup yang pemerannya adalah manusaia dengan segala label hubungan yang sedang menemani untuk sampai ke huruf Z. Drama semester akhir. Drama dimana segala pemainnya benar-benar menjadi pemain tunggal. Lupakan kedekatan yang mungkin sudah terjalin selama 3 tahun bersama. Lupakan percakapan dan janji-j
Hallo, beauty!! Finally, tahun ini aku genap berusia duapuluhsatutahun tanggal 21 Juni kemarin. Widih, udah makin 'gedek' anak buk mimi ya. Semoga gedenya dibarengi sama bertambahnya kedewasaan , dewasa dalam sikap dan makin pintar ngerawat diri. Jangan  amburadul  kali- lah  jadi cewek,mbak. Mandi bisa dua hari sekali kalau liburan dan kalau ingat (...yaAllah joroknya), jarang bedakan, ngga ngerti begincu, ngertinya liptint sama lipstik angin doang. Pantas puberty kaga ada ngaruh-ngaruhnya yee.  Kemarin, aku ngga sengaja ngebaca artikel di idntimes.com yang intinya kalau udah umur 21 tahun itu, kurang-kurangin lah hidup penuh drama, ngambekan, gampang kesinggung, udah harus tau prospek kedepan dan yang paling penting mulai peduli sama diri sendiri. Agak jleb juga sih bacanya, ini kalau si mz pacar yang baca kayanya dia bakalan suruh baca nih artikel ribuan kali, biar masuk ke otak.  Karena artikel itulah, si anak ABG telat ini, mulai tertarik buat beli makeup dan b